RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah : SDN Mandalasari 1
Kelas : VI (Enam)
Semester : 2
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan
II. Standar Kompetensi
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
III. Kompetensi Dasar
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
IV. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Menyimpulkan cara menyederhanakan pecahan
· Mengurutkan pecahan dengan benar
V. Tujuan Pembelajaran:
Melalui metode diskusi kelompok, demonstrasi, penemuan dan penugasan peserta didik mampu menyederhanakan, menyamakan penyebut dan mengurutkan pecahan.
VI. Materi
Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan
Dari gambar di atas, tampak 4/8 bagian, 3/6 bagian, dan 1/2 bagian besarnya sama. Menggunakan penyederhanaan pecahan, kamu dapat mengetahui kesamaan tersebut.
Menyederhanakan pecahan pada dasarnya adalah mencari pecahan senilai yang paling sederhana. Caranya yaitu dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama sampai tidak dapat dibagi lagi.
Perhatikan kembali penyederhanaan pecahan 4/8 di atas. Pada penyederhanaan pecahan 4/8 dilakukan dua langkah. Hal ini dikarenakan setelah pembilang dan penyebut dibagi 2 diperoleh pecahan 2/4 yang bukan pecahan sederhana.
Sebenarnya pecahan sederhana dari 4/8 dapat ditentukan dengan satu langkah saja.
VII. Alokasi Waktu
5 x 35 menit = 175 menit
VIII. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
- Pendekatan cooperative learning
- Metode diskusi kelompok
IX. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN I
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengkondisikan peserta didik kearah kegiatan pembelajaran yang kondusif.
2. Mengadakan apersepsi tentang pecahan.
3. Mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
B. Kegiatan inti
1. Ekplorasi
a. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang nama lain suatu pecahan (pecahan senilai).
b. Membentuk peserta didik menjadi 5 kelompok.
c. Melibatkan peserta didik untuk menemukan cara menyederhanakan pecahan.
d. Setiap kelompok mencari informasi pecahan yang paling sederhana.
2. Elaborasi
a. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi dalam menemukan pecahan yang paling sederhana.
b. Memfasilitasi peserta didik dengan diskusi kelompok tentang cara menyederhanakan pecahan.
c. Memfasilitasi peserta didik dalam menentukan menentukan pecahan yang paling sederhana.
d. Memfasilitasi peserta didik untuk membuat laporan hasil kegiatan kelompok
e. Memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan hasil kegiatan kelompok
3. Konfirmasi
a. Memberikan umpan balik yang positif dan klarifikasi terhadap hasil temuan peserta didik yang kurang relevan.
b. Memberi penghargaaan berupa “Bintang Prestasi” bagi kelompok yang berhasil menjawab dengan tepat.
C. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama peserta didik membuat simpulan materi pembelajaran tentang menyederhanakan pecahan.
2. Memberikan tugas berupa soal-soal tentang menyederhanakan pecahan.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
PERTEMUAN II
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengkondisikan peserta didik kearah kegiatan pembelajaran yang kondusif.
2. Mengadakan apersepsi dengan bertanya mengenai penyederhanaan pecahan.
3. Mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
B. Kegiatan inti
1. Ekplorasi
a. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang mengurutkan pecahan.
b. Membentuk peserta didik menjadi 5 kelompok.
c. Melibatkan peserta didik untuk berdiskusi tentang cara mengurutkan pecahan.
d. Setiap kelompok mencari informasi tentang urutan pecahan yang benar.
2. Elaborasi
a. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi dalam mengurutkan pecahan.
b. Memfasilitasi peserta didik dengan diskusi kelompok tentang cara mengurutkan pecahan.
c. Memfasilitasi peserta didik dalam menentukan urutan pecahan dari soal yang diberikan guru.
d. Memfasilitasi peserta didik untuk membuat laporan hasil kegiatan kelompok
e. Memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan hasil kegiatan kelompok
3. Konfirmasi
a. Memberikan umpan balik yang positif dan klarifikasi terhadap hasil temuan peserta didik yang kurang relevan.
b. Memberi penghargaaan berupa “Bintang Prestasi” bagi kelompok yang berhasil mengurutkan pecahan dengan benar.
C. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama peserta didik membuat simpulan materi pembelajaran tentang mengurutkan pecahan.
2. Memberikan tugas berupa soal-soal tentang mengurutkan pecahan.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
X. Evaluasi
A. Prosedur tes : tes dalam proses dan tes akhir
B. Bentuk tes : tulisan dan kinerja
C. Jenis tes : uraian
D. Alat tes : LKS, Lembar pengamatan dan perangkat soal
Soal-soal
Pertemuan I
Ayo, tuliskan bentuk sederhana dari pecahan-pecahan berikut!
Pertemuan II
XI. Sumber Belajar
- Kurikulum tahun 2006
- Buku Matematika untuk kelas 6 SD, BSE
- Kartu Bilangan Pecahan
Mengetahui, Kepala Sekolah Yeti Supriati NIP. 19610121 197912 2 003 | Cikancung, 2011 Guru Kelas VI Ahmad Kosasih, S.Pd NIP. 19670820 200604 1 003 | |
Mengetahui, Pengawas TK dan SD Disdikbud Kec. Cikancung Agus Suganda NIP. 19610919 198410 1 002 (Contoh) |
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
(Pertemuan I)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Menyederhanakan Pecahan
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan: Menemukan pecahan sederhana
Warnai petak yang termasuk pecahan dan pecahan sederhananya!
Setelah diwarnai, apakah kamu melihat penampakan?
.................................................................................................................
Penampakan apakah itu?
..................................................................................................................
Kelompok : ……………….
Anggota : 1. …………………………
2. …………………………
3. …………………………
4. …………………………
5. …………………………
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
(Pertemuan II)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Menyederhanakan Pecahan
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan: Menemukan cara mengurutkan pecahan
Kelompok : ……………….
Anggota : 1. …………………………
2. …………………………
3. …………………………
4. …………………………
5. …………………………